Cara Membuat Kue Apem Panggang dan Makna Apem Dalam Kajian Budaya

Salah satu budaya yang menarik di Indonesia adalah pemberian makanan pada Tetangga pada setiap akhir bulan Ramadan, biasanya dalam setiap makanannya terdapat apem panggang yang sangat lezat.

Setiap apem yang disajikan adalah menu yang sangat enak yang sengaja disiapkan untuk makanan khas. Dalam kajian bahasa apem sebenarnya terdapat atau diambil dari bahasa arab Afwun yang artinya permohonan maaf.

Kebudayaan dan keberagaman di Indonesia yang sangat menarik ini seringkali disimbolkan dengan bentuk produk olahan atau aksesoris. Abang sendiri merupakan salah satu produk olahan makanan yang terbuat dari terigu sebagai bahan dasar utama.
cara membuat kue apem panggang
Pemberian apem dimaksudkan untuk permohonan maaf kepada lingkungan atau saudara terdekat. Dalam kajian bahasa dan kebudayaan apem merupakan salah satu simbol yang digunakan setiap lebaran atau akhir bulan Romadhon.

Resep Kue Apem Panggang Khas Jawa

Menu pembuatan apem sendiri ada bermacam-macam menggunakan tepung terigu dengan jenis beras biasa atau ada yang menggunakan dengan jenis beras ketan.

Jika anda ingin membuat apem panggang yang enak ada bisa mencoba melihat resep kami di bawah berikut:
  • 600 gr terigu
  • 300 gr gula pasir
  • 500 ml santan dari 1 butir kelapa ukuran kecil
  • 2 sdm mentega
  • 2 sdt ragi instan
  • 2 Siung bawang merah ukuran besar, diiris kecil dan tipis
  • Mentega atau minyak secukupnya untuk mengoles

Setelah Anda mendapatkan resep yang lengkap Anda bisa mencoba tahapannya dalam proses pembuatannya sebagai berikut:

Cara Membuat Kue Apem Panggang

Langkah pertama Buatlah adonan di dalam gelas dengan mencampur ragi tepung terigu 2 sendok teh air hangat sepertiga gelas diamkan hingga naik 2 kali lipat.

Kemudian secara keseluruhan campur bahan yang sudah ada ke dalam biang, langkah berikutnya tuangkan santan perlahan sedikit demi sedikit kemudian mencampurkan hingga merata.

Berikutnya diamkan sering adonan yang sudah anda buat antara 45 menit hingga 1 jam.

Setelah anda mendapatkan adonan yang mengembang cetak ke dalam cetakan yang anda siapkan sebelum Anda mulai mencetaknya pastikan cetakan tersebut oles dengan minyak atau margarin terlebih dahulu agar tidak lengket dalam saat memanggang.

Setelah anda mendapatkan panggangan yang kuning dan sedikit kecoklatan balik kue apem tersebut dengan sendok biarkan matang secara merata kemudian tiriskan.

Belanda mendapatkan panggangan yang bagus dan merata dengan warna kuning kecoklatan anda sudah mendapatkan kue apem panggang yang lezat yang bisa anda siapkan untuk saudara Anda di rumah.

Itulah sedikit tentang bagaimana cara membuat kue apem panggang dan makna dari tujuan pembuatan kue apem panggang dalam segi budaya dan bahasa selamat mencoba dan selamat menikmati kue apem panggang anda.

0 komentar